Pesona Batik Garutan Muncul di Dekranasda Craft Expo 2021

Dipublish : Sabtu 27 November 2021

Gapura Garut – Pesona Batik Garutan tampak menjadi salah satu yang muncul dan menawan di ajang Dekranasda Craft Expo 2021 yang di Gelar Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) dan Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Garut bekerja sama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Garut.

Craft Expo ini berlangsung di Halaman Ramayana Mall Garut, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Sabtu (27/11/2021).

Sekitar 20 stand pengrajin di Kabupaten Garut turut memamerkan hasil karyanya di area Dekranasda Craft Expo. Tak hanya dari Kabupaten Garut, acara ini juga dihadiri oleh perwakilan Dekranasda dari kabupaten lainnya seperti Cirebon, Bandung, Subang dan Indramayu.

Kepala Disperindag dan ESDM Kabupaten Garut juga selalu Ketua Harian Dekranasda Garut, Nia Gania Karyana, menyebutkan acara pameran ini berlangsung selama dua hari yaitu pada Sabtu, 27 November 2021 – Minggu, 28 November 2021.

“Jadi, nama kegiatannya DEKRANASDA Craft, artinya yang kita tonjolkan adalah kerajinan tetapi biasanya yang menjadi pemanis adalah makanan-makanan Kabupaten Garut,” ujar Nia.

Gania menuturkan, berbagai macam kerajinan di Kabupaten Garut ditampilkan, salah satunya kerajinan akar wangi. Selain produk asal Kabupaten Garut, imbuh Nia, dalam expo ini juga ditampilkan beberapa kerajinan seperti mozaik, patung-patung, dan kerajinan asal Kabupaten Bandung lainnya.

“Ya, ada hampir pengrajin dari Kabupaten Garut ada sekitar 20. Salah satunya, misalnya, Andin kayu, dia pengrajin kayu, kemudian ada juga dari Zocha, Zocha itu kerajinan dari akar wangi, kemudian juga dari batik Garutan, kemudian juga ada dari kulit, begitu, ya,” lanjutnya.

Ia berharap, kegiatan ini bisa meningkatkan kompetensi, promosi, pemasaran, serta penjualan produk milik perajin asal Kabupaten Garut agar lebih dikenal.

“Outputnya, mudah-mudahan dengan diperkenalkannya produk Garut, berupa makanan dan handy craft, bisa meningkatkan aktivitas ekonomi, kemudian meningkatkan pendapatan masyarakat, dan akhirnya menjadi sejahtera. Itu goalnya saja, ya,” ujarnya.

Mengingat acara ini berlangsung selama dua hari, Kadisperindag ESDM Garut mengajak masyarakat untuk meramaikan Dekranasda Craft Expo agar produk di Kabupaten Garut lebih dikenal oleh masyarakat.

“Harapan saya ada waktu dua hari, masyarakat silakan mengunjungi stand-stand kami dan mudah-mudahan membeli produk-produk kami. Dengan membeli berarti cinta produk Garut,” tandasnya.***jmb

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Pencarian
Berita Terbaru
Jangan Lewatkan
Berita Lainnya