Pemprov Jabar Berencana Tingkatkan Status RSUD Pameungpeuk Garut

Dipublish : Selasa 28 April 2015
Rsu-pameungpeuk-299x300 PERISTIWA  Pemprov Jabar Berencana Tingkatkan Status RSUD Pameungpeuk Garut

RSUD Pameungpeuk, foto Istimewa

Gapura Garut ,- Pemerintah Kabupaten Garut menyambut baik adanya rencana pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat yang berencana menaikan status RSUD Pameungpeuk sebagai rumah sakit tingkat provinsi.

“Kami dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut sangat menyambut baik rencana itu. Mudah-mudahan dengan ditingkatkannya status menjadi rumah sakit tingkat provinsi, mutu layanan kesehatan juga ikut meningkat,” kata Rudy, Selasa (28/4/2015).

Rudy menambahkan, rencana peningkatan status rumah sakit ini disampaikan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, beberapa waktu lalu. Untuk memenuhi keinginan Gubernur, Pemerintah Kabupaten Garut telah melakukan berbagai pengkajian.

“Sementara kini kami juga menunggu surat dari pak gubernur terkait hal ini,” ujarnya.

Rudy menyatakan kondisi jalan lintas selatan Garut saat ini dalam keadaan baik, termasuk jalan yang tersambung sampai Tasikmalaya dan Cianjur. Oleh karena itu jika RSU Pameungpeuk dikembangkan maka dapat menjadi pusat kesehatan warga selatan Jawa Barat, terutama Garut, Tasikmalaya, dan Cianjur.

“Pemerintah daerah juga akan melakukan pembahasan bersama DPRD Garut dan Dinas Kesehatan Kabupaten Garut serta Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat menyikapi rencana peningkatan status rumah sakit itu. Diharapkan rencana Gubernur ini bisa dilaksanakan secepatnya,” ungkapnya.

Dengan peningkatan status, sambungnya, RSUD Pameungpeuk akan menjadi rumah sakit rujukan di kawasan selatan Jawa Barat. Pelayanan kesehatan, fasilitas, dan bangunan diharapkan akan jauh lebih baik daripada sebelumnya.

“Peningkatan status rumah sakit ini sejalan dengan rencana saya dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan di Garut, di antaranya pembangunan dan rehabilitasi sejumlah puskesmas,” kata Rudy.

Diungkapkannya, seluruh puskesmas di Garut bangunannya sudah berusia lebih dari 25 tahun dan baru sedikit yang telah mengalami rehabilitasi. Sekitar 50 persen di antaranya kini kondisinya sudah mengkhawatirkan dan harus segera direhabilitasi.

“Tahun ini Pemkab Garut akan memperbaiki 5 puskesmas,” imbuhnya.

Lebih jauh dipaparkannya, puskesmas yang akan segera diperbaiki adalah Puskesmas Wanaraja, Baluburlimbangan, Samarang, Cikajang, dan Leles. Dana untuk perbaikannya dianggarkan Rp10 miliar.

“Renovasi ini bersamaan dengan renovasi kantor Kecamatan Leles, Baluburlimbangan, Talegong, Tarogongkaler, Bayongbong, dan Cikajang dengan jumlah anggaran mencapai Rp12 miliar,” tandasnya.***Bro

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Pencarian
Berita Terbaru
Jangan Lewatkan
Berita Lainnya