Banjar Porak Poranda Diterjang Hujan dan Angin Besar

Dipublish : Senin 9 Maret 2015

6-300x300 PERISTIWA  Banjar Porak Poranda Diterjang Hujan dan Angin Besar

Gapura Kota Banjar ,- Puluhan rumah diwilayah  Kota Banjar, Jawa Barat diprkirakan mengalami kerusakan serius akibat diterjang hujan disertai angin kencang seperti badai. Kebanyakan rumah rusak karena tertimpa pohon tumbang karena terjangan angin sangat kencang pada Senin (9/3/2015)petang sekitar pukul 17.00 WIB.

Peristiwa mencekam yang sempat membuat panik warga Kota Banjar itu berlangsung kurang lebih selama satu jam. Akibat dari kejadian ini, beberapa pohon besar tumbang menimpa rumah warga. Selain menimpa bagunan rumah,  pohon tumbang juga ada yang menimpa puluhan sepeda motor yang tengah terparkir di sebuah halaman lapang Futsal di kawasan Gardu.

Tidak sedikit pohon tumbang juga yang  menutupi badan jalan, seperti yang terjadi diruas  jalan Perintis. Petugas terpaksa untuk sementara menutup akses jalan tersebut karena terhalang sejumlah pohon tumbang.

Menurut keterangan sejumlah warga, badai yang disertai angin kencang tersebut datang dari arah barat, hingga memporak-porandakan sejumlah wilayah di Kota Banjar.

Yanto (36) warga lingkung Sukarame Kelurahan Banjar,  menuturkan saat peristiwa tersebut terjadi, ia mengaku sedang menonton pertandingan Futsal di kawasan Gardu.

“Saat itu datang angin tiba-tiba terus membesar, setelah itu hujan turun sangat deras disusul kembali tiupan angin kencang, hingga menumbangkan pohon Ketapang dan menimpa puluhan sepeda motor yang tengah terparkir di parkiran Futsal” Kata Yanto saat ditemui dilokasi kejadian senin (9/3/2015).

Yanto menambahkan, angin kencang yang menerjang wilayah kota Banjar ini pun membuat sejumlah tiang listrik, baliho dan telepon roboh. Tidak hanya itu, pot-pot yang ada di trotoar pun ikut beterbangan ke jalan raya.

Sementara itu, Asep Hendra (44) warga Gardu RT 3/17 Kelurahan Banjar, Kecamatan Banjar, mengatakan kejadian tersebut telah menumbangkan sebuah pohon besar hingga menimpa rumah miliknya.

“Saat kejadian saya bersama anak dan istri sedang berada ditengah rumah.Tiba-tiba terdengar suara benda jatuh menimpa dapur rumahnya. pas dilihat ternyata pohon pete roboh menimpa dapur hingga rusak parah,”paparnya.

Sementara itu, Uman Suhaman petugas dari BPBD Kota Banjar mengatakan, bahwa dari kejadian ini menurutnya diperkirakan ada puluhan rumah yang rusak. Hal itu, karena menurut informasi dari warga yang melapor kepada BPBD.

“Dari kejadian ini diperkirakan merusak puluhan rumah, hal ini berdasarkan informasi dari warga yang melaporkan ke kami,”katanya.

Petugas BPBD bersama unsur TNI dan Polres Banjar serta warga, melakukan evakuasi dan pembersihan terhadap rumah-rumah yang menjadi korban amukan angin kencang. Untuk membersihkannya, petugas BPBD, TNI, Polri dan masyarakat melakukan gotong royong.

“PokoknyaDalam cuaca buruk seperti ini, masyarakat diminta untuk meningkatkan kewaspadaan dan selalu berhati-hati,”Tandasnya***Hermanto

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Pencarian
Berita Terbaru
Jangan Lewatkan
Berita Lainnya