Pare dan Terong di Garut Jadi Kripik Renyah dan Gurih

Dipublish : Sabtu 27 Desember 2014
DSC_0062-300x199 KULINER USAHA & PRODUK  Pare dan Terong di Garut Jadi Kripik Renyah dan Gurih

Hilman menunjukan kripik Pare dan terong hasil karyanya dalam sebuah pameran makanan, Foto jmb

Gapura Produk ,- Inovasi tiada henti barangkali dengan alasan itulah Hilman salah seorang pengrajian makanan olahan di Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut, Jawa Barat, hingga kini terus melakukan uji coba. Ditangannya, hampir semua jenis buah dan sayuran serta umbi-umbian dicobanya diolah menjadi keripik yang menjadi spesialis makanan olahannya.

Setelah sukses mengeluarkan kripik pisang muli serta kripik wortel yang kini laris dipasaran, Penggiat UMKM di Garut dalam wadah Gabungan produk Rancage Asli Garut (Gapurasigar)  tersebut, saat ini mengaku sedang menekuni produk olahan barunya berupa kripik Pare dan Terong.

Idenya sederhana, menurut Hilman dirinya hanya tertarik dengan sayuran jenis pare dan terong begitu banyak melimpah ruah dikampung halamannnya.

“Ditempat saya Pare dan terong itu sampai busuk-busuk banyak setiap halaman rumah warga menamam tanaman itu makanya buahnya melimpah”. kata Hilaman baru-baru ini saat menunjukan kripik Pare olahannya

Hilman menjelaskan, kesulitan dalam mengolah kerpik Pare dan terong tersebut karena kedua  jenis sayuran itu memiliki rasa yang kurang enak yang satu pahit serta yang satunya agak gahar. Pertama ia mengolahnya,  keripik buatannya tidak serta merta disukai lantaran masih ada rasa pahit dikeripik pare serta keripik terong yang dihasilkan masih belum terasa gurih dan crispy.

“Posesnya panjang hingga akhirnya saya kombinasikan dengan dengan bumbu tepung dan terus megolah pare dan terong agar tidak berasa pahit hingga akhirnya alhamdulillah semua orang termasuk anak-anak sudah menyukai kripik pare dan terong yang saya buat”. Ungkap Hilam.

Himan mengaku senang ketika kripik pare dan terong yang dibuatnya sudah mulai banyak disukai, maka seperti biasa ia segera mengemasnya dan langsung menjajaki produknya dipasar oleh-oleh khas Garut langganannya.

Melalui wadah pemasaran  tempatnya beraung Hilman kembali dapat memperkenalka produk barunya berupa kripik pare dan terong  yang kini sudah dapat diperoleh digerai dan toko oleh-oleh di Kabupaten Garut.

Usaha keripik buah dan sayuran dengan merek dagang Azka, kini sudah memiliki pelanggan tersendiri  terutama para pelanggan yang biasa berbelanja oleh-oleh di toko atau gerai oleh-oleh di Garut.***jmb

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Pencarian
Berita Terbaru
Jangan Lewatkan
Berita Lainnya