img-20190413-wa00062112712591 PERISTIWA  Saluran Irigasi Jebol, Perumahan Mandala Garut Kebanjiran

Gapura Garut ,- Curah hujang yang tinggi terus mengguyur Kabupaten Garut, Jawa Barat dalam beberapa pekan terakhir, akibatnya sejumah kawasan harus merasakan terendam banjir.

Selain sejumah ruas jalan yang berubah fungsi menjadi mirip seperti aliran air sungai, juga sejumlah pemukiman warga turut terkena banjir.

Seperti yang dirasakan warga di Kompleks Perumahan Mandala Jalan Sudirman Kelurahan Sukamentri, Kecamatan Garut Kota sejak Kamis 11 April 2019 hingga Jumat malam tadi harus merasakan genanang air yang merendam rumah-rumah warga.

“ini sudah dua hari, yang pertama gara-gara pintu air irigasi di Tegal Kurdi tidak berfungsi karena patah mengakibatkan dibagian saluran irigasi jebol dan airnya otomasis meluap ke perumahan kami,”Kata Yayat Ruhiat salah seorang warga di Kompleks Mandalan, Sabtu (13/4/2019).

Menurut Yayat bagian tanggul irigasi yang jebol sebelumnya sudah sempat diperbaiki warga, namun kembali jebol.

“baru diperbaiki kembali jebol mungkin karena luapan air dari hujan yang terus menerus turun gak mampu lagi tertampung saluran irigasi itu,”ungkapnya.

Dalam waktu yang sama pemukiman warga di desa Sukasenang, Kecamatan Banyuresmi juga mengalami hal yang sama.

“ada 40 rumah warga kami yang terndam banjir akibat luapan air sungai Ciojar di Desa kami,”kata Iwan Ridwan Kepala Desa Suksenang kepada wartawan, Jumat (12/4/2019).

Iwan menyebut meski banjir yang merendam rumah warga tidak mengakibatkan korban jiwa, namun kerugian material yang dialami warganya cukup besar.

“korban jiwa tidak ada tapi kerugian material lumayan besar, bahkan ada satu rumah yang ambruk,”ungkapnya.

Iwan menambahkan pihaknya sudah berkordinasi dengan pihak pemerintah kabupaten untuk mengatasi persoalan banjir yang di alami warganya.***jmb

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang