Sambut Nuzulul Quran di Perbatasan, Satgas Raider 323 Kostrad Gelar Aneka Lomba

Dipublish : Sabtu 2 Juni 2018

img-20180602-wa0046200974466 INFO RAMADHAN NUSANTARA  Sambut Nuzulul Quran di Perbatasan, Satgas Raider 323 Kostrad Gelar Aneka Lomba

Gapura Papua , – Malam Nuzulul Quran adalah malam dimana Kitab Suci Umat Islam (Al-Qur’an) diturunkan secara keseluruhan dari Lauhil Mahfudz ke Baitul ‘Izzah di langit dunia. Kemudian secara berangsur di wahyukan kepada Nabi Muhammad SAW disepanjang kehidupannya atau dalam waktu kurang lebih 23 tahun.

Tidak mau menyia-nyiakan momen yang baik dan sangat berarti bagi umat muslim ini, Satgas Yonif Raider 323/BP Kostrad melaksanakan berbagai kegiatan perlombaan yang bertemakan agama dengan melibatkan siswa-siswi SD dan SMP sederajat untuk memeriahkan hari istimewa tersebut yang jatuh setiap tanggal 17 Ramadhan.

Lomba Nuzulul Qur’an tersebut dilaksanakan di Kompleks Yayasan Nurush Shobah Asiki Distrik Jair Kabupaten Boven Digoel dimana yayasan ini merupakan satu-satunya yayasan yang menggelar pendidikan berbasis agama Islam di Asiki.

Dengan penuh semangat dan keceriaan para peserta mengikuti kegiatan perlombaan yang dilaksanakan pada tanggal 1 juni 2018 (17 ramadhan) dimana materi lomba yang diselenggarakan seperti lomba cerdas cermat bertemakan agama, lomba adzan, dan lomba hafalan surah pendek.

Peserta lomba yang terdiri dari sebagian besar siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah mulai dari kelas 3 sampai dengan kelas 5 serta beberapa dari siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah kelas 7 dan 8 sangat antusias ingin mengikuti dan terlibat dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh Satgas 323 Kostrad tersebut, hal ini terlihat dari antusiasme anak-anak yang mendaftarkan diri di wali kelasnya masing-masing untuk ikut serta berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dapat berjalan dengan lancar berkat adanya bantuan dan kerja sama serta komunikasi yang baik dari prajurit satgas dengan para pengurus sekolah yang telah lama terjalin.

Adapun kegiatan dilaksanakan secara serentak kepada siswa-siswi dengan sistem paralel dimana seluruh macam perlombaan dilaksanakan secara bersamaan.

Setiap perlombaan yang dilaksanakan sudah disesuaikan dengan standar dan kemampuan anak masing-masing, selain itu juga di penghujung perlombaan anak-anak akan diberi pembekalan tentang ilmu beragama. Di sela-sela pelaksanaan lomba, salah seorang peserta yang bernama Yulia Ayu menyampaikan, “lomba semacam ini sangat cocok digelar dalam Bulan Ramadhan seperti ini, untuk isi kegiatan kami”.

Kegiatan ini selain bertujuan utama untuk memperingati malam turunnya Al-Quran juga untuk memberikan ilmu-ilmu yang bermanfaat bagi generasi muda.

“Kegiatan ini memiliki nilai dan manfaat lain yang tersirat yaitu untuk menanamkan dan menambahkan ilmu aqidah dalam beragama bagi generasi sekarang, serta mengajarkan bagaimana caranya bertoleransi antar umat beragama yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari”, jelas Dansatgas Letkol Inf Agust Jovan Latuconsina, M.Si (Han) diakhir pelaksanaan lomba.

Pelaksanaan lomba ditutup dengan pemberian hadiah berupa mushaf Al-Qur’an, piagam, buku tulis dan uang pembinaan yang diberikan lansung oleh Dansatgas kepada masing-masing pemenang tiap kategori lomba yang telah dilaksanakan. Tidak ketinggalan kegiatan tersebut juga turut dimeriahkan oleh prajurit dengan mengadakan konser musik mini bernuansa religi untuk mengiringi proses pemberian hadiah.***Hermanto

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Booking Hotel di Garut? Hayukagarut.com

Pencarian
Berita Terbaru
Jangan Lewatkan
Berita Lainnya