Mengharukan Upaya Brigadir Ivan Handoko, Rela Jual Speda Motor Demi Bantu Mak Isah

Dipublish : Sabtu 10 Maret 2018
IMG-20180310-WA0012-640x853-225x300 PROFIL SOSIAL POLITIK  Mengharukan Upaya Brigadir Ivan Handoko, Rela Jual Speda Motor Demi Bantu Mak Isah

Brigadir Ivan Handoko melakuan sendiri dibantu beberapa warga lakukan renovasi rumah lansia, foto Hermanto

Gapura Kota Banjar ,- Selama ini, masyarakat menilai bahwa polisi selalu dipandang negatif dan terkadang menakutkan. Namun pada kenyataannya tidak semua polisi seperti itu, bahkan anggapan masyarakat yang selalu ‘miring’ dapat dijawab oleh polisi yang baik hatinya.

Ia adalah Brigadir Ivan Handoko, anggota Bhabinkamtibmas Polsek Pataruman untuk wilayah Kelurahan Pataruman, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat.

Brigadir Ivan Handoko merupakan salah satu anggota polisi yang patut dicontoh. Pria yang selalu dekat dengan semua kalangan masyarakat ini telah rela dan ikhlas menggadaikan sepeda motor pribadinya (Trail KLX) untuk merenovasi rumah milik seorang lansia bernama Mak Isah (80), yang berada di lingkungan Panatasan, RT 2/20, Kelurahan Pataruman, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar.

Ivan menceritakan ide bantuan bedah rumah ini muncul ketika ia tengah berpatroli di wilayah binaannya di lingkung Panatasan. Kemudian ia bersilaturahmi ke rumah Mak Isah yang berukuran 3×6 meter. Kondisi rumah yang tidak layak huni dengan dinding bilik sudah rusak dan atap kayu yang lapuk, membuat Brigadir Ivan merasa iba. Hatinya mulai tersentuh melihat kehidupan Mak Isah yang serba kekurangan dan hidup sebatang kara.

“Kasihan Mak Isah, dan hati saya terketuk ingin membantunya dengan segala keterbatasan yang saya miliki,” ujar Brigadir Ivan Handoko.

Melihat kondisi seperti itu, ia pun berniat ingin merenovasi rumah milik Mak Isah tersebut. Kemudian pada Jum’at (9/3/2018), ia menggadaikan sepeda motor pribadinya ke salah satu temannya dan hasilnya dibelanjakan untuk membeli bahan-bahan matrial seperti triplek, bata merah, semen, pasir, kayu, dan lain-lain.

“Bukan bermaksud riya, ini murni dari hati saya yang paling dalam untuk menolong Mak Isah dan saya pun ikhlas,” imbuhnya.

Keputusan Ivan merenovasi rumah Mak Isah ini disambut positif oleh masyarakat sekitar. Pada Sabtu (10/3/2018) pagi, masyarakat pun turut membantu Ivan membangun rumah bagi Mak Isah yang berada di perbukitan dan jalan yang cukup terjal.

“Sungguh mulia hati polisi ini, semoga semakin banyak polisi-polisi yang baik seperti Pak Ivan,” Kata Ujang warga setempat.

Selama dalam proses renovasi, Mak Isah sementara tinggal di rumah tetangganya untuk beberapa saat.

Melihat rumahnya direnovasi, Mak Isah mengaku terharu. Ia pun mengucapkan terima kasih kepada Brigadir Ivan Handoko dan warga sekitar yang telah membantu merenovasi rumahnya tersebut.

“Alhamdulillah, saya tidak bisa berkata apa-apa, saya hanya bisa mengucapkan terima kasih kepada bapak polisi yang telah membantu saya dengan tulus dan ikhlas,” ucapnya sambil menangis haru.

Terpisah, Kasat Binmas Polres Banjar, Iptu Suharno mengaku bangga dengan jiwa sosial dan kepedulian Brigadir Ivan Handoko. Menurutnya, polisi juga manusia biasa yang memiliki rasa kepedulian dan mudah tersentuh hatinya. Ia pun mengatakan bahwa apa yang dilakukan Brigadir Ivan Handoko harus dijadikan inspirasi bagi semua.

“Jiwa sosial Brigadir Ivan Handoko adalah merupakan inspirasi bagi kita semua, dalam hal ini karena sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi sesama,” kata Iptu Suharno.***Hermanto

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Booking Hotel di Garut? Hayukagarut.com

Pencarian
Berita Terbaru
Jangan Lewatkan
Berita Lainnya