Karang Taruna Desa dan Kelurahan di Kecamatan Kota Purwakarta Kembali Aktif

Dipublish : Minggu 12 November 2017

IMG-20171112-WA0033 SOSIAL POLITIK  Karang Taruna Desa dan Kelurahan di Kecamatan Kota Purwakarta Kembali Aktif

Gapura Purwakarta , – Sembilan Desa dan satu kelurahan di Kecamatan Kota Purwakarta telah mengaktifkan kembali Organisasi Kepemudaan yang diwadahi Karang Taruna.

Dengan bertujuan  mengangkat seluruh permasalahan yang terjadi di masyarakat, yaitu mulai dari tingkat kecamatan hingga tingkat Rukun Warga/ Rw.

Permasalahan  yang terjadi apabila dilaporkan,  serta akan langsung dengan cepat direspon oleh karang taruna yang berada dikecamatan, apabila pengaduan itu sudah dilaporkan terhadap karang taruna di tingkat unit yang sudah dibentuk ditingkat Rw.

Dengan kantor sekretariatnya berada dikecamatan kota serta kepengurusannya sudah di lantik pada Oktober lalu oleh Camat Purwakarta kota Yudi Herdiana yang menjabat pada organisasi itu sebagai Pembina, sementara ketua yaitu Jaka Swana dengan Sekretaris dijabat oleh Nurhadi. 

Ketua Karang Taruna kecamatan Purwakarta  Jaka Swana mengungkapkan, organisasi kepemudaan ini  di bentuk tidak hanya mengurus permasalahan dalam hal lapangan kerja saja, tetapi mengangkat seluruh permasalahan yang timbul di masyarakat, diantaranya masalah sosial, pembinaan, ekonomi kreatif atau UMKM serta perlindungan hukum.

Perlu diketahui bahwa organisasi ini telah dibentuk dengan berbadan hukum serta memiliki tim advokasi, sehingga apabila masyarakat bersinggungan dengan hukum maka karang taruna juga dapat membantunya,  pihaknya juga telah menyiapkan tim kuasa hukum.

Kepengurusan yang sudah dibentuk untuk tingkat kecamatan sebanyak 35 orang, tingkat Kelurahan dan Desa masing masing sebanyak 15 orang, serta tingkat Rw sebanyak 12 untuk masing masing Rw.

Para pengurus ini akan merespon dengan cepat apabila mendapat keluhan dari masyarakat.

Dalam waktu dekat Desember mendatang Organisasi kepemudaan ini akan menggelar acara sosial di lapang Purwamekar Purwakarta, diantaranya Donor darah, pemeriksaan kesehatan gratis, santunan terhadap anak yatim serta jalan sehat dengan masyarakat, dengan melibatkan ribuan masyarakat.

Acara sosial ini di gelar, selain menujukan karang taruna masih eksis, juga karang taruna peduli terhadap masyarakat dengan akan memberikan bantuan sembako terhadap para jompo serta janda tidak mampu.

“Sementara anggaran karang taruna didapat dari swadaya masyarakat serta dari sponsor yang sifatnya tidak mengikat” ungkap Jaka.***Alex

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Booking Hotel di Garut? Hayukagarut.com

Pencarian
Berita Terbaru
Jangan Lewatkan
Berita Lainnya