Mengenal Lebih Dekat Bendungan Leuwikeris

Dipublish : Kamis 14 September 2017
IMG-20170823-WA0103-300x169 SOSIAL POLITIK  Mengenal Lebih Dekat Bendungan Leuwikeris

Gambar Proyek leuwikeris, foto istimewa

Oleh : Yoss

Gapura Tasikmalaya – Bendungan Leuwikeris merupakan salah satu mega proyek strategis milik pemerintah dimana proyek ini nantinya akan memiliki banyak manfaat serta menjadi objek wisata sekaligus kebanggaan masyarakat Kabupaten/Kota Ciamis. Bendungan Leuwikeris sendiri terletak di provinsi Jawa Barat, di kabupaten/kota Ciamis dengan luas wilayah sungai Citanduy 48.000 ha.

Bendungan ini direncanakan akan memiliki kapasitas air sebesar 67.74M³ diharapkan dapat mengairi lahan seluas 11950 Ha, mengurangi debit banjir sebesar 57 M³/detik, menyediakan pasokan air baku sebesar 0,85 M³/detik, dan menghasilkan listrik sebesar 15,00 MW. Proyek Bendungan Leuwikeris ini menggunakan sumber dana APBN sebesar 1,999 Triliun dengan target pengerjaan selama kurun watku 5 tahun.

Dengan dibangunya Bendungan Leuwikeris, pemerintah berharap dapat memberikan manfaat dengan mengoptimalkan pemanfaatan ketersediaan air sebesar 5,30 Milyar M3/tahun.

Kemudian manfaat lainnya adalah mengairi daerah irigasi seluas 11.216 ha, Menyediakan air baku disekitar Kota Banjar, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis sebesar 845 liter/detik, mereduksi banjir periode 25 tahun sesbesar 11,7% dari 509,7 M3/detik serta dapat menghasilkan daya listrik sebesar 20 Megawatt. Selain itu nantinya Bendungan Leuwikeris akan menjadi objek wisata dimana dapat meningkatkan nilai perekonomian masyarakat sekitar.

Adapun pengerjaan proyek Bendungan Leuwikeris ini dilakukan oleh tiga perusahaan BUMN yakni PT.PP (Persero), PT.HK (Hutama Karya) dan PT.Waskita dimana dari ketiga BUMN tersebut memegang masing-masing proyek PT.PP (Persero) memegang proyek Paket1 dimana dalam pengerjaannya bertanggung jawab dalam mnyelesaikan bendungan utama dan bangunan fasilitas dengan nilai kontrak Rp.867 Milyar, sedangkan PT.HK(Hutama Karya) bertanggung jawab dalam pengerjaan bangunan pelimpah, Hidromekanikal dan Elektrikal dengan nilai kontrak Rp.642 Milyar dan PT.Waskita bertanggung jawab dalam pengerjaan terowongan pengelak dan jalan akses dengan nilai kontrak Rp.385 Milyar. (Sumber Dokumentasi Pelaksana Proyek PT.PP)

***Penulisn Bidang Dokumentasi dan Promosi

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Booking Hotel di Garut? Hayukagarut.com

Pencarian
Berita Terbaru
Jangan Lewatkan
Berita Lainnya