CEO Asri Group Berbagi Tips Sukses Berwirausaha

Dipublish : Jumat 8 September 2017
IMG-20170908-WA0070-300x225 USAHA & PRODUK  CEO Asri Group Berbagi Tips Sukses Berwirausaha

CEO Asri Grup saat memberikan Tips Wirausaha, foto Alex

Gapura Purwakarta , -CEO Asri Group Hj Betty Susilawaty Rustandie S.ST MMRS berbagai tips berwirausaha saat menjadi pembicara pada Seminar Wirausaha yang digelar Pegadaian Purwakarta di Janani Ballroom Hotel Harper by Aston Purwakarta, Kamis (7/9).

Asri Group sendiri memiliki bisnis utama di bidang kesehatan seperti RSIA Asri Purwakarta, Klinik Asri Kemala Dewi, dan Klinik Asri Cianting. Selain itu, Asri Group juga menjalankan bisnis di bidang radio, yayasan, dan beberapa lini bisnis lainnya.

“Ada tiga poin yang harus dimiliki seorang wirausahawan dalam menjalankan bisnisnya. Pertama, cermat dan teliti terhadap kesalahan sehingga kesalahan serupa tak akan pernah berulang,” ujarnya.

Kedua, sambungnya, bentuk sistem marketing yang efisien, bila ada strategi yang menguras biaya maka harus dihentikan segera. “Manfaatkan media sosial menjadi salah satu solusi terbaik dalam memasarkan produk,” kata Betty.

Ada pun poin ketiga, kata dia, ganti bahan baku impor dan beralih ke produk lokal. “Walau bagaimana pun produk impor membutuhkan biaya produksi yang cukup besar. Segera ganti ke produk lokal namun tetap memperhatikan kulitas produk yang dihasilkan,” ujarnya.

Disinggung terkait bisnis apa saja yang memiliki peluang besar dan bahkan tahan terhadap krisis ekonomi seperti yang terjadi saat ini, Betty memberikan jawaban simple, usaha kreatif yang didasari inovasi.

“Usaha kreatif atau lebih dikenal Usaha Kecil dan Menengah (UKM) masih menjadi primadona para pelaku usaha di Indonesia. Bahkan 80 persen usaha yang berjalan di Indonesia merupakan usaha-usaha kreatif seperti bisnis kuliner,” kata Betty.

Yang menarik, Betty menyebutkan, kegagalan yang dialami seorang pelaku usaha biasanya disebabkan kesalahan dalam mengambil keputusan. “Untuk yang satu ini tipsnya adalah perbanyak silaturahmi, karena pada dasarnya silaturahmi itu memperluas rezeki. Kita bersilaturahmi saling berbagi tips dan pengalaman. Serta dapat meminta saran terbaik,” ujarnya.

Lebih lanjut dirinya menyebutkan, saat memulai usaha jangan fokus terhadap keuntungan besar. “Lebih baik ambil untung sedikit tapi konsisten daripada untung besar tapi hanya sesekali. Dan yang tak kalah penting adalah tetap konsisten menjalankan bisnis yang dibarengi kegiatan sosial,” ucapnya.***Alex

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Booking Hotel di Garut? Hayukagarut.com

Pencarian
Berita Terbaru
Jangan Lewatkan
Berita Lainnya