Dekranasda Kota Banjar Kembali Gelar Bazar Kuliner

Dipublish : Selasa 15 Juli 2014

Gapura Kota Banjar ,- Dewan kerajinan nasional Daerah (Dekranasda)  Kota Banjar, Jawa Barat kembali  menggelar bazar kuliner yang diikuti puluhan  ibu ibu PPK  dari berbagai desa dan kelurahan se Kota banjar.

“bazzar ini akan terus dilaksanakan untuk menyeleksi dan mencari makanan atau  minuman khas kota Banjar,  karena sampai saat ini belum mempunyai makanan khas tersendiri yang bisa dijadikan andalan oleh-oleh bagi para turis atau wisatawan baik mancanegara atau domestik”. Kata Soni Horizon Ketua harian Dekranasda Kota Banjar  disela-sela acara Selas (15/7/2014).

Soni menambahkan, kegiatan ini juga menjadi ajang untuk memperkenalkan hasil olahan dan kreatifitas kaum ibu dalam membuat inovasi  makanan dan minuman dari desa atau kelurahan masing-masing.

Soni beserta Soeparno Asisten dua  Kota banjar melihat lihat dari dekat  aneka ragam  kuliner. keduanya mengamati  satu persatu,  bahkan mereka pun berbelanja beberapa jenis makanan yang disediakan oleh peserta.

Sementara itu para pengunjung bazar yang mayoritas kaum ibu juga menyerbu beragam kreasi  makanan ringan serta aneka tajil  dibeli dan dibawa pulang untuk dijadikan menu berbuka puasa.

Menurut Soeparno Asda dua Kota Banjar saat dimintai tanggapannya mengatakan  bahwa kuliner produksi dari peserta itu pun sedikit demi sedikit sudah mulai menunjukan ciri khasnya.

“lumayan sudah mulai ada ke khasannya,  seperti cimplungan yang berbahan dasar dari singkong, jaksin atau rujak asin,  ranginang comot, kepripik sawi dan menu-menu olahan lainnya”. Paparnya

Soeparno juga memastikan jika kegiatan  bazzar tersebut juga bagian dari  upaya  untuk meningkatkan pendapatan dan penghasilan bagi keluarga serta  sekaligus untuk menyeleksi makanan yang dapat menjadi ikon khas Kota Banjar.

“Saya berharap kuliner yang akan menjadi ikon Kota Banjar ini yang terbuat dari bahan pangan yang tumbuh subur di daerah kita”. Imbuhnya.

Rencananya pihak  pemerintah Kota Banjar akan memilih kuliner khas yang berbahan baku dari pepaya dan juga umbi umbian.***Hermanto

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Pencarian
Berita Terbaru
Jangan Lewatkan
Berita Lainnya