Lapas Ciamis Bekali Para Napi dengan Keterampilan

Dipublish : Sabtu 9 Mei 2015
warga-binaan-ciamis-300x225 USAHA & PRODUK  Lapas Ciamis Bekali Para Napi dengan Keterampilan

Para warga binaan perempuan Lapas Ciamis saat membuar kerajinan rajutan, foto Dedi Kuswandi

Gapura Ciamis,- Para narapidana penghuni Lapas Kabupaten Ciamis mendapatkan program pelatihan kemampuan dan keterampilan untuk kemandirian dengan mampu menguasai berbagai keterampilan untuk kemudian dapat berwirausaha, pada saat keluar dan selesai menjalani hukuman penjara.

Para napi Lapas Ciamis ini dilatih untuk membuat barang-barang kerajinan tangan dengan bahan yang mudah dan berasal dari sekeliling mereka.

Lapas yang menampung 350 orang Napi laki-laki, dan 10 orang Napi perempuan itu, telah memberikan pola pembinaan dengan pembekalan kemampuan bagi para Napi, sehingga hampir setiap hari para napi diberdayakan untuk mengisi hari-harinya dengan kesibukan yang dapat menghasilkan uang.

“Mereka rata-rata telah mampu membuat kerajinan seperti kesed dari sabut kepala, sapu ijuk dan berbagai jenis barang kerajinan lainya”. Kata Dasep Rana Budi Kalapas Ciamis, sat ditemui baru-baru ini.

Menurutnya, dari semua barang hasil kerajinan yang menjadi unggulan diantaranya kesed yang terbuat dari sabut kelapa yang dikerjakan oleh para napi laki-laki.

“Ciamis ini kan sangat terkenal peghasil buah kelapa yang sangat banyak dan mudah dijumpai makanya kami manfaatnya sabutnya untuk bahan membuat kerajinan dari para warga binaan kami”, ungkapnya.

Sementara itu lanjut Dasep, para penghuni lapas perempuan dalam kegiatanya juga menghasilkan barang seperti tas rajutan yang terbuat dari benang sehingga menjadi kerajinan yang mempunyai nilai jual tinggi.

“Intinya dari kegiatan tersebut diharapkan seluruh napi yang ada bisa mengambil nilai positifnya untuk bekal kelak setelah mereka keluar dari pemasyarakatan”. Ucapnya.***Dedi Kuswandi

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Pencarian
Berita Terbaru
Jangan Lewatkan
Berita Lainnya